BAB III PENGELOLAAN USAHA
BAB III
PENGELOLAAN USAHA
A.
Gambaran Usaha
Bakso dan
mie ayam merupakan salah satu alternatif makanan yang begitu digemari oleh
masyarakat. Untuk dapat menikmati bakso atau mie ayam, tidaklah begitu sukar
untuk ditemukan. Dari hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (2007),
sejumlah produk pangan seperti mie basah, tahu, bakso, dan ikan positif
mengandung bahan pengawet formalin.
Bakso kotak
mencoba menyajikan suatu alternatif dari hasil olahan bakso dan mie ayam yang
bergizi tinggi, tanpa penyedap dan pengawet. Melihat peluang pasar pada saat
ini, usaha ini menarik untuk ditekuni. Selain itu, konsumen juga dapat secara
bebas mengkonsumsi bakso dan mie ayam yang lezat dan juga sehat dalam jangka
panjang.
Bakso kotak
telah berdiri selama enam tahun dan sekarang telah memiliki enam orang karyawan.
Ketika memasuki warung ini terlihat sebuah warung yang bersih dan rapi. Hampir
sekitar 5 menit pembeli datang silih berganti memesan bakso atau mie ayam.
Wajar jika dalam sebulan bapak parto dapat meraih profit sebesar
Rp.20,000,000,- . Tidak hanya itu, tidak sedikit pelanggan yang sengaja datang
meski harus menempuh jarak sejauh 2-3 kilometer. Padahal banyak warung bakso yang lebih dekat.
Enak, dan
pelayanan memuaskan, mulai dari proses produksi hingga makanan siap saji.
Itulah kiat Bapak Parto pemilik ”Bakso Kotak”. .
Berikut
daftar menu sekaligus harga yang ditawakan oleh Bakso kotak :
- Makanan
Jenis
Makanan
|
Harga
|
Bakso biasa
|
Rp 7000,-
|
Bakso kotak
|
Rp 8000,-
|
Bakso urat
|
Rp 11000,-
|
Mie ayam
|
Rp 7000,-
|
Mie ayam bakso biasa
|
Rp 8000,-
|
Mie ayam bakso kotak
|
Rp 9000,-
|
Mie ayam bakso urat
|
Rp 12000,-
|
- Minuman
Jenis Minuman
|
Harga
|
Teh botol
|
Rp 3000,-
|
Es teh manis
|
Rp 2000,-
|
Es teh tawar
|
Rp 1000,-
|
Air mineral gelas
|
Rp 500;-
|
B.
Keunikan Usaha
Bakso kotak
menghasilkan bakso, mie ayam dan aneka minuman yang
memiliki beberapa keunggulan, antara lain :
·
Harga yang terjangkau dan kompetitif
·
Memiliki rasa yang lezat, bergizi tinggi, tanpa penyedap dan tanpa bahan
pengawet
·
Tempat makan yang nyaman, bersih, pelayanan yang mengutamakan dan memuaskan
pelanggan
C.
Strategi Usaha
Dalam dunia
bisnis, kita tidak dapat memungkiri bahwa pasti akan muncul rival atau pesaing usaha.
Baik usaha kecil maupun usaha besar yang sudah menghasilkan keuntungan yang
berlimpah. Apalagi jika berbicara mengenai bisnis kuliner sudah pasti
persaingan yang ada semakin banyak dan ketat. Konsumen disuguhkan berbagai
jenis makanan dengan bermacam-macam keunikan dan keistimewaannya. Maka dari
itu, agar bisnis yang kita bangun atau usaha yang sudah berjalan tidak kalah di
tengah persaingan, maka ada beberapa strategi bisnis dalam menghadapi
persaingan.
Menurut
Bapak Parto, strategi yang selama ini diterapkan dalam usaha bakso kotak ini
antara lain :
·
Mempertahankan cita rasa dan meningkakan kualitas bakso, mie dan pelayanan kepada
pelanggan
·
Biaya gaji dioptimalkan sesuai hasil produksi
· Tetap
melakukan promosi walaupun bisnis telah berjalan
· Memanfaatkan
kelemahan pesaing sebagai kelebihan bisnis kita
· Belajar dari
pengalaman dalam dunia bisnis kuliner
Show
0 Comments
prev
next