Snippet

BAB III PENGELOLAAN USAHA



BAB III
PENGELOLAAN USAHA
A.            Gambaran Usaha
Bakso dan mie ayam merupakan salah satu alternatif makanan yang begitu digemari oleh masyarakat. Untuk dapat menikmati bakso atau mie ayam, tidaklah begitu sukar untuk ditemukan. Dari hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (2007), sejumlah produk pangan seperti mie basah, tahu, bakso, dan ikan positif mengandung bahan pengawet formalin.
Bakso kotak mencoba menyajikan suatu alternatif dari hasil olahan bakso dan mie ayam yang bergizi tinggi, tanpa penyedap dan pengawet. Melihat peluang pasar pada saat ini, usaha ini menarik untuk ditekuni. Selain itu, konsumen juga dapat secara bebas mengkonsumsi bakso dan mie ayam yang lezat dan juga sehat dalam jangka panjang.
Bakso kotak telah berdiri selama enam tahun dan sekarang telah memiliki enam orang karyawan. Ketika memasuki warung ini terlihat sebuah warung yang bersih dan rapi. Hampir sekitar 5 menit pembeli datang silih berganti memesan bakso atau mie ayam. Wajar jika dalam sebulan bapak parto dapat meraih profit sebesar Rp.20,000,000,- . Tidak hanya itu, tidak sedikit pelanggan yang sengaja datang meski harus menempuh jarak sejauh 2-3 kilometer. Padahal banyak warung  bakso yang lebih dekat.
Enak, dan pelayanan memuaskan, mulai dari proses produksi hingga makanan siap saji. Itulah kiat Bapak Parto pemilik ”Bakso Kotak”. .
Berikut daftar menu sekaligus harga yang ditawakan oleh Bakso kotak :

  • Makanan

Jenis Makanan
Harga
Bakso biasa
Rp 7000,-
Bakso kotak
Rp 8000,-
Bakso urat
Rp 11000,-
Mie ayam
Rp 7000,-
Mie ayam bakso biasa
Rp 8000,-
Mie ayam bakso kotak
Rp 9000,-
Mie ayam bakso urat
Rp 12000,-

  • Minuman
Jenis Minuman
Harga
Teh botol
Rp 3000,-
Es teh manis
Rp 2000,-
Es teh tawar
Rp 1000,-
Air mineral gelas
Rp 500;-

B.           Keunikan Usaha
              Bakso kotak menghasilkan bakso, mie ayam dan aneka minuman yang memiliki beberapa keunggulan, antara lain :
·        Harga yang terjangkau dan kompetitif
·        Memiliki rasa yang lezat, bergizi tinggi, tanpa penyedap dan tanpa bahan pengawet
·        Tempat makan yang nyaman, bersih, pelayanan yang mengutamakan dan memuaskan pelanggan
C.           Strategi Usaha
Dalam dunia bisnis, kita tidak dapat memungkiri bahwa pasti akan muncul rival atau pesaing usaha. Baik usaha kecil maupun usaha besar yang sudah menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Apalagi jika berbicara mengenai bisnis kuliner sudah pasti persaingan yang ada semakin banyak dan ketat. Konsumen disuguhkan berbagai jenis makanan dengan bermacam-macam keunikan dan keistimewaannya. Maka dari itu, agar bisnis yang kita bangun atau usaha yang sudah berjalan tidak kalah di tengah persaingan, maka ada beberapa strategi bisnis dalam menghadapi persaingan.
Menurut Bapak Parto, strategi yang selama ini diterapkan dalam usaha bakso kotak ini antara lain :
·     Mempertahankan cita rasa dan meningkakan kualitas bakso, mie dan pelayanan kepada pelanggan
·     Biaya gaji dioptimalkan sesuai hasil produksi
·     Tetap melakukan promosi walaupun bisnis telah berjalan
·     Memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai kelebihan bisnis kita
·     Belajar dari pengalaman dalam dunia bisnis kuliner
·     Menciptakan inovasi baru

Leave a Reply