Snippet

BAB I PENDAHULUAN

A.     Identitas Usaha
1.      Jenis Usaha
           Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas & keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang di hadapi orang setiap hari. Yang harus dimiliki seorang pelaku usaha dalam menjalankan suatu usaha (wirausaha) antara lain seperti skill (kemampuan), tekad (kemauan), modal, target tujuan, dan tempat.
Bidang kuliner (makanan) menjadi ladang bisnis yang menarik minat banyak orang. Hal ini disebabkan karena makanan merupakan kebutuhan utama(primer) manusia. Belum lagi jaman sekarang tidak sedikit manusia yang malas untuk memasak,dan lebih cenderung untuk membeli makanan,akibat oleh kesibukan kerja.
Dalam penulisan makalah ini, kami memberikan sebuah contoh tentang seseorang yang bernama Bapak Parto Yuono yang berani terjun dalam dunia wirausaha (dalam hal ini dagang) yang bergerak dalam bisnis kuliner (makanan) yang menyajikan jenis makanan seperti beberapa jenis bakso,mie ayam,dan minuman dingin.
 
2.      Alamat Usaha
Usaha Bapak Parto ini diberi nama “BAKSO KOTAK” yang beralamat di Jl.Kayuringin raya Perumnas 2 kec.Kayuringin Jaya Bekasi Barat. 
3.      Bentuk Usaha
Bentuk usaha yang ditekuni oleh Bapak Parto ini tergolong dalam usaha kecil. Hal itu dikarenakan bisnis kuliner ini termasuk dalam kriteria usaha kecil, antara lain jenis barang (dalam hal ini makanan) umumnya sudah tetap (tidak berubah-ubah), lokasi / tempat usaha sudah menetap (tidak berpindah-pindah), dan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak berjumlah 6 orang (kurang dari tiga puluh orang).
Selain itu, usaha Bapak Parto ini sudah melakukan administrasi keuangan walau masih sederhana, sudah memenuhi persyaratan legalitas seperti surat izin, surat izin tempat usaha (SITU), dan NPWP demi menjaga kelancaran usaha. Apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang menyangkut legalitas usaha, tidak membuat terganggunya operasional. Sedangkan sumber daya manusia (pengusaha) diperoleh berdasarkan pengalaman dalam berwirausaha, bukan sumber daya manusia yang terdidik dan terlatih secara khusus.
B.          Profil Pemilik & Sejarah Usaha

             Pria kelahiran Wonogiri, 12 april 1954 ini telah menekuni usaha bakso dan mie ayam selama puluhan tahun hingga saat ini,usaha yang dijalani beliau secara turun temurun. Perjalanan yang di tempuh oleh seorang suami dari istri yang bernama ibu fatih ini tidaklah mudah,sebelumnya beliau mencoba menjajakan usaha nya keliling kampung,dan belum mendapat pencapaian yang memuaskan.
Pada tahun 2006, Bapak Parto memberanikan diri hijrah ke Bekasi bersama keluarganya.Sejak itulah ia melakukan berbagai terobosan,hingga pada suatu saat pak parto memikirkan tentang bentuk bakso yang berbeda. Bentuk bakso yang selama ini bulat,diubahnya menjadi kotak,alhasil pembeli pun mulai banyak menyukainya hingga pak parto memutuskan untuk membuka kios yg beralamatkan di jalan kayuringin.

Leave a Reply